Pages

in this Jumuah..

Sunday, February 16, 2014

Assalamu'alaikum :)

hows life in this morning, guys? semoga semua selalu dalam lindungan Allah Subahanahuwata'ala, amin...

pagi ini, saya mau sedikit cerita tentang berita yang lagi jadi trending topic akhir-akhir ini, yaitu Gunung Kelud yg mengalami erupsi atau meletus. gunung tersebut mengeluarkan isinya yang salah satunya adalah abu vulkanik yang sebarannya sampai ke Solo, tempat saya tinggal. iya, jadi, pas kamis malam (13/2), saya lagi berusaha konsentrasi penuh buat ujian perbaikan nilai (semester pendek) saya. sekitar jam 20.00, tiba-tiba mati lampu, dan alhasil saya jadi galau karena materinya masih banyak banget yg belum saya pelajari. kosan saya itu terbagi jadi 2 bangunan, ada bangunan depan dan bangunan belakang. nah, kamar saya ini ada di bangunan belakang, dan uniknya, bangunan depan itu ngga mati lampu. dan yaudah, akhirnya saya milih buat ngungsi di kosan depan, di ruang tengahnya, buat ngelanjutin belajar. berhubung kosan depan ini kebanyakan penghuninya adalah mbak-mbak kerja, jadi suasananya sepi banget dan saya sempet parno karna malam itu adalah malam jumat hehehe. tp berhubung saya kepepet harus buru-buru belajar, jadi saya berusaha konsen lagi. terus sekitar jam setengah 11, saya coba ngecek kosan saya, apa udah nyala belum, dan alhamdulillah udah nyala, jadi saya cepet-cepet ngacir balik ke kamar karena suasana kos udah makin sepi hehe. pas nyampe kamar, saya berusaha konsen lagi sama slide-slide yg masih banyak banget. pas lagi baca slide, saya ngedenger kayak suara dentuman gitu tapi saya pikir itu suara orang pesantren cek sound (fyi, daerah kos saya ini banyak pesantren, dan pesantrennya suka ngadain acara gitu pake sound). tiba-tiba, mbak-mbak kos keluar sambil agak teriak gitu bilang 'itu suara apa sih? gempa ya? kok jendela kamarku getar-getar gitu?'. terus mbak yg lain nyautin sambil mengiyakan gitu. terus saya keluar kamar buat nanya ada apa. dan pas lagi diluar, kedengeran lagi suara dentuman gitu makin keras, sama langit agak oranye, padahal itu udah malem banget, sama hawa udara teh agak panas. terus pakde penjaga kos keluar dari pos penjagaan sambil bilang ke kita-kita yg ada di luar kalau gunung kelud meletus. terus saya langsung masuk kamar lagi dan secara spontan nyalain tv buat cari berita. dan ternyata bener, tepat jam 22:49 WIB, gunung kelud dinyatakan erupsi. saya merinding gitu liatnya, ditambah suara dentuman diluar masih kedengeran. terus saya coba ngelanjutin belajar tapi sambil dengerin info gunung kelud sampai jam 1an. terus saya tiba-tiba takut sendiri, inget suara dentuman tadi berkali-kali, dan saya sms ke mamah papah buat minta doa semoga saya disini baik-baik aja, dan saya tidur deh.

Sekitar jam setengah 5 hari jumat (14/2), saya kebangun pas adzan subuh berkumandang. terus saya ambil hp buat matiin alarm, dan ada balesan sms dari mamah yg ngingetin buat sholat dan berdoa minta perlindungan sama Allah. terus saya sholat subuh, dan ngelanjutin baca slide lagi karena semalem ngga konsen kepikiran suara dentuman. saya baca slide sampai sekitar jam set7an, dan saya mulai ngantuk jadi saya milih buat mandi. pas lagi mandi, dari kaca ventilasi kamar mandi saya, langit itu warnanya oranyeee banget. saya mikir, wah subhanallah banget udah hampir jam7 langitnya masih oranye aja. terus saya selesai mandi dan beres-beres, saya mau keluar kamar buat jemur handuk. dan pas saya buka pintu kamar, saya kaget banget ngeliat langit warna oranye dan ada banyak abu bertebaran di pelataran kosan ditambah abu-abu yang turun dari langit kayak hujan. dan bisa dipastikan kalau itu hujan abu. saya akhirnya milih buat masuk lagi dan ngejemur handuk di kamar mandi. saya milih buat baca slide lagi, sambil nunggu jam setengah 8 buat berangkat ke kampus karna jadwal ujian saya jam 8 pagi itu. sayangnya saya udah ngga konsen lagi karena masih kepikiran hujan abu yg baru saya liat tadi. terus saya iseng keluar kamar lagi, buat ngefoto kondisi kosan saya itu. saya ngga jadi ngelanjutin belajar, dan jadilah mainan line buka grup kelas yg lagi rame ngomongin ujian hari itu batal atau ngga. dan bener. sekitar jam 8 kurang, koordinator blok mengabarkan kalau ujian diundur jadi hari senin mengingat kondisi yang lagi ngga kondusif. di tv lokal Solo juga memberitakan kalau Walikota Solo meliburkan semua kegiatan pendidikan hari itu karena hujan abu yang ngebuat jarak pandang di jalan hingga kurang dari 500 meter. dan Wakil Rektor I UMS secara resmi mengumumkan kalau UMS hari itu diliburkan dari segala kegiatan administratif dan akademik karena kondisi lagi ngga memungkinkan. saya bener-bener diem di kamar, kepikiran sama kondisi pagi itu. saya ngga nyangka sama sekali, kalau saya lagi mengalami hal itu. diluar, jalanan itu bener-bener ketutup sama abu vulkanik yang masih bertebaran. saat itu, saya ngerasa takut. saya takut kiamat, dan saya ngerasa sendirian saat itu. terus mamah saya telfon, tanya kondisinya gimana karena mamah jg lagi liat berita di tv kalau hujan abu vulkanik dari gunung kelud sampai di Solo & Yogyakarta. saya pengen banget rasanya nangis ke mamah, pengen bilang kalau saya takut, tapi saya ngga mau bikin orang tua saya khawatir mengingat jarak Solo dengan rumah saya di Cirebon yang ngga deket. terus mamah nenangin dan mamah nyuruh sholat dhuha biar tenang. akhirnya setelah ditelfon mamah, itu udah hampir jam 10an, saya sholat dhuha. pas lagi sholat, tiba-tiba lantai kamar saya getar dan bunyi dentuman kedengeran lagi. saya yg lagi posisi sujud, ngerasain banget getarnya, dan saya otomatis nangis, minta ampun dan perlindungan ke Allah. beneran, saya takut banget padahal saya ini ada di tempat yg jaraknya jauh banget sama gunung kelud, yang hanya kena dampaknya aja. tapi saya takut, karena saya ini cukup cengeng dan manja, juga ngerasanya saya jauh sama mamah papah & adik saya. terus saya selesein sholatnya, dan beberes mukenah. pas lagi beberes, lantai kamar saya agak licin dan pas saya cek pake tangan, ternyata abu vulkaniknya masuk ke kamar lewat ventilasi kamar saya, jadi saya langsung nutup ventilasinya pake plastik. habis itu, saya ditelfon sama Riswan, dan ditemenin karena saya ngga berani kemana-mana padahal saya laper banget, hehehe. terus yaudah, kami telfonan sampai Riswan harus sholat jumat. terus saya beraniin diri buka kamar, buat liat kondisi di luar. itu udah jam setengah 12 lebih, dan hujan abu sudah berhenti. berhubung saya lapar, jadi saya memutuskan buat cari makanan. saya keluar kamar pake masker, jaket, helm, juga jas hujan sebagai alat pelindung diri. di luar, jalanan itu sepi banget dan penuh sama abu vulkanik. warung-warung makanan pada tutup sampai saya akhirnya ngeberaniin diri buat cari makan ke daerah yg agak jauh. pas nyetir motor, abu itu beterbangan dan kadang itu masuk ke mata kita dan bikin mata jadi perih. bener deh, saya itu nyetir motor sambil setengah mau nangis, karena takut banget (cengeng banget kan, saya? huhu). dan alhamdulillah, setelah agak jauh, saya nemu warung makan dan saya langsung beli. terus pulangnya, saya milih mampir ke waserda buat beli popmie dan masker motor buat stok saya, terus saya pulang. sampe kos, saya ditelfon mamah lagi, disuruh pulang. aaa andaikan bisa, saya milih pulang sore itu biar saya tenang. tapi sayangnya, hari sabtunya saya terpilih jadi peserta simulasi Osce Nasional, dan saya ngga mau ninggalin itu, jadilah saya menolak tawaran mamah buat pulang. dan saya berusaha berani walaupun bawaannya mah takut terus hehe. ini beberapa foto kondisi pas hujan abu vulkanik:





ya, itulah cerita panjang tentang pengalaman saya pas gunung kelud erupsi kemarin. maaf kalau kepanjangan, tapi saya cuma mau mengabadikan kejadian kemarin lewat tulisan tadi :)
mengingat kejadian gunung kelud erupsi tadi, itu semua ngga lepas dari kehendak Allah Ta'ala. dan, bukan berusaha mengkait-kaitkan atau apapun, tapi sebagai hamba Allah yang mempunyai kemampuan berpikir yang terbatas, ngga ada salahnya kan kita ini berusaha mencari hidayah dari musibah yang Allah berikan ke kita, mari kita coba buka surat beserta ayat Al-Qur'an yang sesuai dengan tanggal dan waktu kejadian gunung kelud mengalami erupsi tersebut, (13-2-2014, pukul 22:49)

Surah ke 13 Ar-Ra'd ayat 2, 
yang artinya "Allah-lah Yang meninggikan langit tanpa tiang (sebagaimana) yang kamu lihat, kemudian Dia bersemayam di atas 'Arasy, dan menundukkan matahari dan bulan. Masing-masing beredar hingga waktu yang ditentukan. Allah mengatur urusan (makhluk-Nya), menjelaskan tanda-tanda (kebesaran-Nya), supaya kamu meyakini pertemuan(mu) dengan Tuhanmu."

Surah ke 20 Ta-Ha ayat 14, 
yang artinya "Sesungguhnya Aku ini adalah Allah, tidak ada Tuhan (yang hak) selain Aku, maka sembahlah Aku dan dirikanlah shalat untuk mengingat Aku."

Surah ke 22 Al-Hajj ayat 49,
yang artinya "Katakanlah: "Hai manusia, sesungguhnya aku adalah seorang pemberi peringatan yang nyata kepada kamu."

melihat penjelasan dalam Al-Qur'an, Allah mecoba menerangkan bahwa manusia selalu punya rencana dalam hidupnya di setiap harinya, tapi hanya Allah-lah yang mempunyai kuasa dalam mengatur setiap urusan hidup makhlukNya. dan setiap musibah yang terjadi adalah tanda dari kebesaran Allah Subhanahuwata'ala, dan kita wajib untuk selalu mengingatNya.

ya, sekian tulisan dari saya, semoga kita semua selalu dalam lindungan dan jalan yang diridhai oleh Allah Subhanahuwata'ala. amin, amin ya Rabb.

wassalamu'alaikum,


No comments:

Post a Comment

 
FREE BLOGGER TEMPLATE BY DESIGNER BLOGS